Bu Virene Irida Pr : Belajar PPKn Bersama Suara Salatiga Radio

“ Jangan takut menghadapi kesukaran karena kamu akan hidup.” Sepatah kalimat yang membangkitkan semangat bagi pembacanya. Itulah moto dari Ibu Virene Irida Pr, S.Pd pendidik mata pelajaran PPKn yang mendedikasikan ilmu dan hidupnya untuk mengajar  di SMP Stella Matutina Salatiga sampai saat ini.

Jumat, 4 September 2020 beliau berkesempatan menjadi bagian program pemerintah kota Salatiga dalam rangka ikut program pembelajaran via siaran radio di Suara Salatiga 99,9 MHz FM. Sebagai pengampu mapel PPKn beliau berduet dengan Ibu Sylvia Irene Tisera, S.Pd  pendidik dari SMPK Satya Wacana Salatiga. Beliau berdua  menyampaikan materi tentang norma dan keadilan.

Awalnya beliau degdegan karena perdana siaran di radio apalagi menjadi guru pertama untuk PPKn yang siaran. Tetapi dengan modal menguasai materi, percaya diri, dan berani tampil di depan publik akhirnya siaran dapat lancar dan mengalir apa adanya. Dan setelah selesai siaran plooong dan  malah merasa 60 menit terasa cepat sekali. Beliaupun berkata bahwa,  “Siap jika suatu saat dimohon untuk mengisi materi lain lewat siaran ini.” begitu ungkapnya.

Sebagai guru SMP Stella Matutina beliau pun merasa bangga karena berkesempatan tampil dan juga murid yang mengikuti siaran radio Suara Salatiga dari Salatiga sekitar merespon dengan baik. Tak terkecuali rekan guru MGMP PPKn Salatiga sangat mendukung dan memberi semangat yang luar biasa.

Memang, kegiatan semacam ini sangat berguna bagi anak didik di masa pandemi, sehingga pembelajaran lebih variasi dengan media radio juga. Rasa bosan belajar dengan daring sedikit terobati dengan media baru ini.

Di sisi lain bagi anak didik jangan pernah terhanyut dalam pandemi ini, tetapi harus berani bangkit dan menatap masa depan pendidikan yang gemilang. Tentu dengan langkah menyiasati  dan menyikapi dengan positif setiap program yang diberikan pemerintah. Dan yakinlah bahwa pemerintah juga pasti akan selalu berupaya untuk kesejahteraan pendidikan bagi anak didik di kota tercinta Salatiga ini.

Tak lupa beliau yang pernah juara 1 guru berprestasi tingkat kota Salatiga 2011, juara 2 tingkat nasionl guru PPKn berprestasi  di Mahkamah Konstitusi 2011, dan juara inovatif lainnya berpesan kepada anak didik supaya selalu belajar dan belajar, masa depanmu diawali dengan semangat dan perjuangan di hari ini. * cahy@

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *