Guru SMP Stella Matutina Salatiga Mengguncang Jakarta Jadi Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak “KILA 2020”

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini mengadakan Kita Cinta Lagu Anak  Indonesia (KILA) 2020.

Sebuah ajang gelaran lomba cipta lagu anak, lomba aransemen lagu, lomba menyanyi kategori  PAUD dan TK, serta lomba menyanyi k

Kategori SD tingkat nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi wadah kreatifitas kepada insan seni Indonesia lewat lagu- lagu anak Indonesia.

Menurut Hilmar Farid, ini upaya untuk mengembalikan masa anak- anak untuk berkembang secara wajar. Anak-anak tidak meniru perilaku orang dewasa dengan lagu dewasa, tetapi  dengan menyanyikan lagu anak tentunya.

Kesempatan ini  pun tidak disia-siakan oleh Ign. Adi Santosa seorang pendidik mata pelajaran Matematika dari SMP Stella Matutina untuk mengikuti ajang ini. Beliau memang terkenal senang mencipta lagu, hobinya tersebut berawal saat beliau menjadi pembina ekstrakurikuler band di SMP Stella Matutina, dan beberapa kejuaraan festival Band Pelajar sudah banyak yang beliau dapatkan bersama anak didiknya. Beliau merupakan sosok pecinta musik, sampai lagu jawa pun pernah beliau tulis meskipun belum dipublikasikan.

Pada Agustus lalu, Pak Adi sapaan akrab beliau,  juga baru saja mendapatkan juara 1 cipta lagu yang diadakan dalam rangka Dies Natalis ke -21 Fakultas Psikologi UKSW dengan lagu berjudul “Ayo” .  Menurut beliau lagu tersebut didedikasikan bagi para korban PHK akibat pandemi saat ini, agar senantiasa bangkit dan berusaha. Sebuah pengalaman awal yang manis dalam melangkahkan cita- cita menjadi pencipta lagu.

Kesempatan KILA 2020 ini, beliau pun ikut berpartisipasi mengikuti salah satu cabang lomba, yaitu cipta lagu anak. Perlu diketahui  KILA adalah sebuah ajang kompetisi menyanyi, mencipta, dan mengaransemen lagu anak dan lagu nasional yang diselenggarakan oleh kemendikbud RI bekerja sama dengan KITA Indonesia. Pendaftaran KILA 2020 pada 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2020 lalu, program ini tidak membayar sepeserpun alias gratis.  Lagu yang beliau ikut sertakan berjudul “Pasti Bisa”.  Jumlah peserta lomba cipta lagu anak adalah 681 berasal  dari seluruh Indonesia. Melihat jumlah peserta yang cukup banyak, beliaupun tidak ada target sebelumnya, bisa masuk 10 besar, itu sudah prestasi yang luar biasa, ujarnya.

Pengumuman pemenang   disampaikan 23 September 2020  via on line, dan ternyata lagu berjudul “Pasti  Bisa” karya Ignatius Adi Santosa dinobatkan menjadi juara 1 cipta lagu anak KILA 2020 ini. Sungguh prestasi yang membanggakan bagi beliau, SMP Stella Matutina, dan  Salatiga kota tercinta tempat beliau berkarya. Sebab ikut mengharumkan nama Salatiga dalam kancah lomba cipta lagu anak tingkat nasional.

“Yang utama kita berusaha dengan maksimal, urusan hasil kita serahkan pada Tuhan. Jika juara itu bagian dari bonus saja. “ kata beliau sambil tersenyum.

Ajang seperti ini harapannya mampu menggugah anak muda untuk berkreasi positif. Dengan ikut lomba apapun atau kegiatan lain yang positif. Generasi muda harus cekatan mengambil kesempatan untuk berkembang dan berubah menyesuaikan zaman. Ingat,  “Ketika kita mampu untuk selalu bersyukur atas talenta yang  telah kita miliki, Tuhan akan memberikanmu lebih.” pungkasnya.

Evaristus Astarka

SMP Stella Matutina Salatiga

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *