Brigitta Kayla , Juara 1 Lomba Baca Puisi Virtual Tingkat Nasional 2020

Baca puisi merupakan salah satu lomba yang diselenggarakan  oleh Graha Sastra dan Budaya (GATRA) Lumajang Jawa Timur dalam rangka Pendhak  Telu Gatra Lumajang dan Hari Sumpah Pemuda 2020. Tujuan lomba adalah meningkatkan kreativitas  siswa/ mahasiswa/ umum pada bidang sastra. Ini bagian ajang pembuktian kreativitas dan kepedulian dalam karya sastra yang telah lama ada di negeri ini buat anak bangsa.

Brigitta Kayla Clarissa Alethea yang kebetulan senang dengan dunia seni khususya baca puisi berkesempatan untuk mengikuti perlombaan ini. Dengan semangat dia sendiri membuat puisi berjudul Aku Pelajar Indonesia. Tentu dengan bahasa khas anak  kelas 2 Sekolah Dasar yang polos dan apa adanya. Karena perlombaan ini bersifat pembacaan puisi secara virtual, maka sebelum pengambilan gambar Kayla berlatih dengan semangat. Menonton contoh- contoh juara- juara baca puisi dari youtube.

Pendaftaran sudah dilakukan antara tanggal 10-17 September. Pengunggahan video peserta 17- 27 September, dan pengumuman pada 8 Oktober 2020. Ternyata peserta dari tiap kategori cukup banyak dari kota Lumajang, Bali, ataupun Jawa Tengah termasuk Kayla dari Salatiga Jawa Tengah. Ini bukti bahwa siswa/ mahasiswa/ umum pada tertarik dengan dunia baca puisi.

Malam penghargaan pemenang pun telah dinanti   para peserta dari beberapa kategori tentu menunggu hasil dengan antusias dan dag dig dug.  Diawali dengan beberapa jenis tarian, baca puisi, teater, dan seni yang lain. Panggung penghargaan tersebut dimulai pukul 19.00- 21.00 WIB dengan disiarkan secara live lewat Facebook.

Kayla salah satu peserta dengan semangat menanti hasil juara. Tetapi karena keburu malam dan ngantuk maka dia pun tidur dengan pulasnya. Kebetulan orang tuanya nonton sampai selesai. Dan pengumuman pun ternyata tidak ada dalam live di Facebook. Tetiba siaran selesai dan ketika membuka facebook ternyata hasilnya ditampilkan dalam status Facebook Gatra Lumajang. Dan puji Tuhan nama Brigitta Kayla Clarisa Alethea dengan judul puisi Aku Pelajar Indonesia berhasil menjadi juara 1 kategori SD lomba baca puisi virtual tingkat nasional yang diadakan Gatra 2020 ini.

Dan ini adalah juara yang kedua yang didapatkan Kayla di bulan Oktober ini. Awal bulan juara 1 lomba baca puisi dalam rangka hari pesta nama St Theresia di sekolahnya. Dan juara 1 di Gatra ini menjadi kebanggaan kedua, apalagi ini tingkatnya nasional. Terima kasih Gatra, bisa memberi ruang bagi pecinta puisi. Salam sastra, salam budaya, dan gatra berkarya.

 

Penulis : Evaristus Astarka

SMP Stella Matutina Salatiga

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *